Friday, 26 January 2018

Menggabungkan Rumus Isblank dan Conditional Formatting

Menggabungkan Rumus Isblank dan Conditional Formatting - Lagi belajar aja cari ilmu, terus dapat materi baru, sekalian saya tulis untuk mengingat dikemudian hari ya. Ada 2 rumus seperti ini yang sering muncul yaitu is dan if, kalau is berarti iya kalau if berarti jika. Nah, pada intinya sih 2 rumus ini sama, tinggal kebutuhannya saja seperti apa. Temen-temen bisa mencoba rumus seperti ini pada contoh di bawah. Kalau saya kebetulan ada kasus yang menjadikannya 1 atau gabungan dengan conditional formating. Sudah pernah belajar conditional formatting kan.


Implementasi Rumus Isblank Pada Excel 2016 - Nah jika temen-temen sudah paham bener apa itu conditional formatting, maka setelah kita coba gabung antara conditional formatting dan isblank ini pasti akan terasa mudah memahaminya. Intinya sih, disini kita diminta untuk merubah warna sebuah cell dimana dengan kondisi data kosong dia berwarna pink dan ketika terisi data maka akan berubah warna menjadi orange. Kurang lebih begitu kondisinya. Perhatikan video di bawah ini untuk penjelasan dan jawabannya.

Video Youtube : Merubah Warna Berdasarkan Data Kosong

Gambar : Studi Kasus Isblank

Pengertian Isblank Pada Excel - Is sendiri berarti apakah atau iya dan blank adalah kosong, rumus ini sering digunakan untuk mengkondisikan dimana data kosong akan menghasilkan sesuatu dan jika tidak maka akan terjadi sesuai, sama lah halnya dengan countblank yang pernah kita bahas. Saya sendiri pernah menulis tentang isblank, kalau gambar di atas, itu studi kasus murni isblank tunggal, misalkan data terisi apple, angka 10, data kosong dan data berisi rumus yang hasilnya berupa data kosong juga, ketika kita mengerjakannya menggunakan rumus isblank, hasilnya adalah. Seperti gambar diatas. Cobalah. Perhatikan formula bar dan text box.

Link Download :


EmoticonEmoticon