Wednesday, 24 May 2017

Tampilan Jendela SPSS dan Lotus Mirip Excel

Tampilan Jendela SPSS dan Lotus Mirip Excel - Ini sih persepsi pribadi saya guys. Bisa jadi semua orang juga merasakannya. Atau hanya saya. Buat saya yang pernah menggunakan spss dan excel. Ada kemiripan tampilan memang yang saya lihat. Dan untuk beberapa rumus, logika atau fungsi yang ada memang tidak jauh berbeda, namun spss memang memiliki tingkat kesulitan dan logika yang sangat komplit. Excel mungkin belum bisa menandinginya.

SPSS dan Lotus Dalam 1 Developer IBM - Sejauh yang saya kenal sebenarnya IBM banyak bergerak di bidang hardware. Saya mengenal mereka dengan pc builtup dan laptopnya. Namun sebelum saya tahu tentang hardware tersebut. IBM sudah menjelma sebagai pengembang dari software yang sangat handal yaitu spss dan lotus. Untuk lotus sendiri saya belum pernah mencobanya. Entah ini adalah bagian dari microsoft atau berdiri sendiri dengan bendera ibm mungkin temen-temen bisa kasih masukan di bawah ya.

Gambar 1 : Tampilan Lotus

Gambar 2 : Tampilan SPSS

Fungsi SPSS dan Lotus - Untuk spss sendiri adalah kepanjangan dari statistical package for the  social science. Biasanya banyak orang menggunakan aplikasi SPSS untuk analisa data atau statistika begitu guys. Kalau orang it seperti saya mah sukanya jaringan dan maintenance hardware saja. Kalau urusan data, survey dan lain sebagainya saya serahkan ke orang-orang statistik saja. Hahaha, bukan rejekinya kali ya. Kalau lotus sih banyak orang bilang sama dengan excel. Namun lengkapnya ada lotus spreadshet dan ada lotus word begitu guys kurang lebihnya.


EmoticonEmoticon