Friday, 28 April 2017

Rumus Sumif Countif Plus Contoh dan Pembahasan

Rumus Sumif Countif Plus Contoh dan Pembahasan - Pada tutorial excel sebelumnya tentang fungsi sumif dan countif ini saya memang kurang jelas memberikan pembahasan karena berupa video tutorial. Nah, kali ini saya ingin perbaiki semua itu ya dengan sebuah gambar dan tulisan biasa. Semoga temen-temen semua suka dengan tulisan saya ini. Sum sendiri berarti menjumlahkan sedangkan count berarti menghitung. Rumus dasar inilah yang perlu temen-temen pahami terlebih dahulu ya. Kunjungi juga Pertanyaan Seputar Excel.

Rumus Sumif Countif Dengan 2 Kriteria - Yang ingin saya bahas disini sebenarnya yang sederhana terlebih dahulu sebelum kita kembangkan pada studi kasus yang agak rumit misalnya seperti yang banyak muncul bagaimana menghitung atau menjumlah sumif dan countif dengan 2 kriteria. Kalau yang dimaksud acuannya ada 2 kriteria mungkin buat saya masih agak kesulitan menggunakan rumsu dan atau apa ya. Kalau kondisinya seperti di soal ada 3 kriteria maka itu akan mudah untuk kita kerjakan seperti gambar di bawah ini. Klik juga Memahami Fungsi Rumus Countif dan Sumif.


Rumus Countif dan Sumif - Untuk memudahkan pengerjaan soal berikut, temen-temen saya sarankan untuk menggunakan table name ya atau penamaan pada table. Misalkan jabatan itu di blog dari d3-d12 kemudian kita beri nama sebagai HUJAN. Berikutnya untuk implementasi rumusnya akan muncul seperti di bawah ini. Plus untuk kolom gaji pokok dari e3 - e12 kita beri nama GAPOK. 

Rumus Countif dan Sumif : 
  1. =countif(range, kriteria)
  2. =sumif(range, kriteria, sum_range)
Countif :
  • Instruktur =contif(hujan,"instruktur")
  • Marketing =countif(hujan,"marketing")
  • Manager =countif(hujan,"manager")
Sumif :
  • Instruktur =sumif(hujan,"instruktur",gapok)
  • Marketing =sumif(hujan,"marketing",gapok)
  • Manager =sumif(hujan,"manager",gapok)

Perbedaan Rumus Countif dan Sumif - Sebenarnya sama sih pengertiannya dengan rumus dasarnya yaitu sum dan count, namun hanya ditambahkan if sebagai syarat. Jadi saya sering mengartikan sebagai count menghitung banyaknya data dan sum menjumlahkan banyaknya data. Dengan penggabungan adanya IF disana maka syarat yang harus dipenuhi harus terwujud. Sehingga kita bisa menghitung atau menjumlahkan sesuai dengan yang kita inginkan.

Contoh Kasus SUMIF dan COUNTIF - Dalam 1 kelas ada total 40 siswa dengan jumlah laki-laki 15 dan putri 25. Mereka memiliki uang saku masing-masing orang jelasnya berbeda. Jika kita ingin menghitung banyaknya siswa secara keseluruhan maka kita akan menggunakan COUNT. Jika kita ingin menghitung banyaknya siswa perempuan saja maka kita harus menggunakan COUNTIF. Untuk sum adalah menjumlahkan total uang saku mereka dalam 1 kelas secara keseluruhan, untuk menjumlahkan uang saku laki-laki saja kita wajib menggunakan SUMIF. Kurang lebih begitu. Jika ada kesulitan bisa ditanyakan guys.

Link Download :


EmoticonEmoticon