Thursday, 10 November 2016

Microsoft Excel vs Libre Office Calc di Linux

Mengenal Microsoft Excel vs Libre Office Calc di Linux - Iseng aja sih ingin menulis tentang segala hal yang berhubungan dengan excel. Ya mumpung bisa ss atau screenshot, saya lagi ngajar tentang linux ubuntu v16.10 neh di pikmi cleds jember. Lumayan juga karena dalam linux ubuntu yang saya share, ada program paket libre office calc nya lho. Ya kalau di windows kita lebih kenal kepada microsoft excel, maka di linux kita menggunakan libre office atau open office ya namanya juga beda yaitu libre office calc. Ya bedanya di excel dan calc. Ada banyak perbedaan juga lho. Nanti kita bahas. Klik juga Format Extensi Marga Pada Microsoft Excel.

Cara Menggunakan Libre Office Calc vs Excel - Tidak ada yang aneh sebenarnya dengan tampilan libre office yang ingin saya bahas disini. Namun buat temen-temen yang memang belum pernah melihat seperti apa libre office calc itu. Yok cek screenshot di bawah ini ya. Sama aja koq, ada namebox, formula bar serta rumus-rumusnya juga sama. If ya sama if, penggunaan tanda sama dengan = juga sama saja. So, apakah yang berbeda jadinya dengan excel atau calc disini. Simak dulu penuturan berikut ini ya. Klik juga Contoh Latihan Soal Excel Update Terbaru Kiriman Yatri.


Belajar Libre Office Calc Tutorial - Seru sepertinya ya kalau kita bisa menggunakan kedua-duanya. Saya sendiri sih lebih memilih menggunakan microsoft excel memang. Tapi ini sebagai alternatif jika suatu saat kita harus bekerja dengan menggunakan libre office calc ataupun open office calc kawan. Ini berbasis linux saja sih. Bedanya ya berbayar dan free gitu saja. Ada beberapa perbedaan yang perlu temen-temen ketahui bersama yaitu :
  • Extensi : *.xls dan *.ods
  • Tampilan : Ribbon dan Menu
  • Selebihnya hanya masalah tampilan saja
Sementara ini saja yang bisa saya review kawan. Semoga bermanfaat ya. Klik juga Fungsi Filter Pada Excel Mirip Pivot Table.


EmoticonEmoticon