Friday, 25 November 2016

Menjadikan Excel Sebagai Database Pembuatan Mail Merge

Cara Menjadikan Excel Sebagai Database Pembuatan Mail Merge - Pernah belajar mail merge kan? Itu murni materi di microsoft word guys, tetapi disini saya ingin mencoba share atau menggabungkan microsoft word dengan ms excel gitu. Dalam hal apa ya? Pada pembuatan mail merge, pasti temen-temen akan disuguhkan pada tampilan dimana temen-temen harus mengetikkan daftar undangan yang banyak. Biasanya capek banget pas dapat materi itu. Tetapi tenang guys, jika biasanya kita masih menggunakan database resmi word yang berupa access. Disini kita akan mencoba menggantinya dengan microsoft excel. Seperti apa ya jadinya. Ayo kita pelajari bersama. Klik juga Membandingkan Rumus IF dan Vlookup.

Tutorial Menjadikan Excel Sebagai Database Pembuatan Mail Merge - Nah, disini saya hanya memberikan penjelasan singkat saja tentang langkah-langkah awal sampai akhir bagaimana kita menggunakan database excel sebagai mail merge. Lebih lengkapnya sudah saya buatkan video tutorialnya di bawah ya. Temen-temen bisa mencoba mengikutinya dari awal sampai akhir. Jelas banget koq tutorialnya. Mungkin terlalu cepet saja sih saya menjelaskan. Bisa di ulang-ulang ya guys. Pokoknya temen-temen belajar saja tentang tabel name atau penamaan pada tabel. Berikutnya tinggal di simpan saja dan tara, database tabel excel yang temen-temen buat akan siap kita masukkan di mail merge pada microsoft excel. Klik juga Menggunakan Ampersand & Sebagai Pengganti Concatenate.


Langka-langkah :
  1. Buatlah sebuah master surat undangan di microsoft word
  2. Klik Tab Mailings - Start Mail Merge - Step by step
  3. Step 1 - Next Starting Document
  4. Step 2 - Next Select Recipients
  5. Step 3 - Browse - Klik dimana kita menyimpan file excel yang sudah kita buat berupa tabel daftar undangan dan sudah kita beri tabel name
  6. Selesai

Video Tutorial : Membuat Mail Merge Menggunakan Database Excel

Belajar Mail Merge Menggunakan Microsoft Excel 2016 - Ada banyak tujuan kenapa kita membuat mail merge di excel. Alasan yang pertama biasanya untuk mempermudah dalam hal pembuatan table pada amplop atau envelope. Berikutnya sih untuk sebuah undangan atau laporan kan. Misalnya undangan pernikahan. Jika kita ingin mengundangan 100 orang. Tidak mungkin kita harus mengetikkan lembar sebanyak 100 halaman kan. Ada satu fungsi yang namanya mail merge. Mail berarti surat dan merge berarti gabung. Disini fungsi excel dapat maksimal bekerja. Pokoknya jika ada yang kurang jelas tentang video tutorial diatas. Temen-temen bisa langsung hubungi saya ya. Semoga bermanfaat ya. Klik juga Belajar Membuat Form Sederhana di Excel Developer.


EmoticonEmoticon