Tuesday, 1 August 2017

Menggunakan Ampersand & Sebagai Pengganti Concatenate

Cara Menggunakan Ampersand & Sebagai Pengganti Concatenate - Saya juga baru tahu kalau nama dari & adalah ampersand. Mirip-mirip film the las samurai ya. Wkwkwk. Tapi bukan itu yang akan kita bahas guys. Pernah denger formula concatenate kan. Nah, concatenate sendiri atau & ampersand itu memiliki fungsi yang sama. Ya cuman penempatannya saja yang beda. Kalau di bahasa programming rumus & lebih banyak digunakan. So, apa sih fungsi utama dari concatenate dan & and ampersand ini. Mari kita bahas guys. Klik juga Contoh Soal Excel Concatenate dan Days.

Menggunakan Ampersand & Sebagai Pengganti Concatenate - Fungsi utama dari concatenate vs ampersand adalah menggabungkan 2 teks atau 2 kata yang menjadi 1. Ya rumus ini sering saya gunakan jika sel acuannya agak aneh guys. Seperti gambar di bawah ini deh kurang lebihnya. Namun sejauh ini saya juga belum begitu paham ketika orang bertanya tentang koma di dalam concatenate atau comma with ampersand. Mungkin pemisah saja ya guys. Biasanya kan ada spasi tuh, kalau saya lebih sering menggunakannya juga sebagai object saja. Jadi pakek tanda petik gitu guys. Klik juga Penjelasan Rumus Concatenate.


Keterangan Penulisan Rumus :
  • =concatenate(text_1, text_2, ...)
  • =text_1 & text_2
Latihan Soal 1 :
  • =concatenate(a1," ",a2)
  • =a1&" "&a2 
Latihan Soal Atas :
  1. =IF(CONCATENATE(LEFT(B3,1),RIGHT(B3,1))="ag","Admin Gudang","Admin Sales")
  2. =IF((LEFT(B3,1)&RIGHT(B3,1))="ag","Admin Gudang","Admin Sales")

Belajar & Sebagai Rumus Excel - Disini saya hanya ingin membandingkan saja kenapa orang-orang lebih memilih menggunakan & ampersand daripada concatenate atau sebaliknya ya. Mengapa orang-orang lebih memilih menggunakan concatenate dibandingkan dengan ampersand &. Kalau saya sih concatenate, ya karena logikanya lebih mudah dipahami. Kurang lebihnya begitu sih guys. So, seperti apa ya jadinya. Itu saya sudah bahas perbedaan rumusnya ada diatas. Semoga bermanfaat ya pembahasan kita kali ini tentang concatenate vs ampersand &. Klik juga Belajar Membuat Form Sederhana di Excel Developer.

Rumus Apersand - Pada dunia programming, rumus ini sering digunakan untuk menggabungkan teks, baik itu berupa angka numerik ataupun berupa huruf atau karakter. Saya sendiri pada rumus excel lebih suka menggunakan concatenate, logika yang digunakan lebih mudah, walaupun memang dengan menggunakan rumus ampersand akan banyak menghemat teks atau tulisan yang kita ketikkan. Sekarang tergantung dari temen-temen semua ya. Fungsinya sama koq. Mau menggunakan rumus ampesand atuapun rumus concatenate sama saja. :). Klik juga Tampilan Jendela Microsoft Excel 2010.


EmoticonEmoticon