Saturday, 26 November 2016

Mengenal Prosedur Sub Pada Macro Excel 2016

Belajar Mengenal Prosedur Sub Pada Macro Excel 2016 - Ini adalah tutorial saya kedua tentang macro. Pasti seru banget belajar programming excel. Ya VBA itu. Saya juga masih belajar koq, ayo belajar bersama-sama. Jika sebelumnya kita belajar tentang macro dasar dengan cara membuat sebuah msgbox dengan menampilkan sebuah pesan, maka sekarang kita akan mencoba menggunakan range value dimana pada excel nantinya jika macro kita jalankan akan menulis sebuah teks pada cell excel. Kurang lebih begitu. Klik juga Belajar Macro Excel Tingkat Dasar.

Tutorial Cara Menggunakan Prosedur Sub Pada Macro Excel 2016 - Untuk menjalankan sebuah prosedur, mas gofur bilang macro atau prosedur yang kita buat harus dipanggil. Biasanya berupa tombol atau object. Tapi yang disini ingin saya contohkan, saya ingin membuat sebuah macro yang bertugas untuk menuliskan sebuah teks pada sel secara otomatis. Fungsi utamanya memang untuk otomatisasi. Jadi jika kita menginginkan mengetik sesuatu hal teks yang banyak secara bersamaan, maka makro ini dapat kita gunakan dengan baik dan maksimal. Klik juga Menggunakan Ampersand & Sebagai Pengganti Concatenate.


Langkah-langkah menggunakan prosedur sub :
  1. Jalankan Excel dan klik macro pada developer
  2. Akan muncul kotak dialog seperti tampilan di atas. Klik create dan akan muncul tampilan jendela VBA
  3. Ketikkan teks seperti di bawah ini kemudian cobalah jalankan macro
Private Sub isi_data()
    Range("B2:B10").Value = "www.belajarexcel.web.id"
End Sub



Video Tutorial Excel Indonesia Tentang Prosedur Sub Macro - Artikel ini saya tulis berdasarkan sebuah video yang saya tonton dengan channel Tutorial Excel Indonesia, disana videonya panjangan banget, berdurasi 30 menit. Saya rangkum dengan tulisan pendek saya ini. Semoga bermanfaat deh intinya. Keep practice ya. Karena yang terpenting adalah latihan. Untuk hasil, result ataupun output yang kita hasilkan bisa temen-temen lihat langsung ketika menjalankan / run atau running macro ya. Sudah pasti tahu semua kan cara menjalankan macro di excel. Belajar lagi ya. Klik juga Belajar Membuat Form Sederhana di Excel Developer.


EmoticonEmoticon