Thursday, 10 November 2016

Anti Mainstream Mengganti Rumus Vlookup Dengan Index Match Pada Excel

Anti Mainstream Mengganti Rumus Vlookup Dengan Index Match Pada Excel - Semoga judulnya gak kepanjangan dan gak provokatif ya. Soalnya sekarang ini agak sensi sama hal-hal yang berbau provokatif :). Nah guys, temen-temen pasti semua hafal tentang penggunaan rumus lookup yang ada 2 itu ya. Pertama vlookup dan kedua adalah hlookup. Semua orang berlomba-lomba untuk memahami seperti apa penggunaan rumus vlookup yang ada di banyak blog tutorial tentang excel ini dan sekarang ayo kita coba hal-hal aneh tentang excel disini. Semoga bermanfaat. Klik juga Cara Menggunakan Rumus Index di Excel.

Memahami Rumus Index Match Sebagai Alternatif Pengganti Vlookup - Biasanya kita harus mengerjakan sebuah rumus dengan menggunakan vlookup jika pada soal tersebut terdapat sel acuan. Nah, ini wajib kita menggunakan vlookup. Berapapun logika atau kondisi yang ada pada table tersebut. Kita cukup menggunakan 1 vlookup. Berbeda dengan IF yang harus menyesuaikan dengan kondisi atau logika yang ada. Misal ada 3 logika, maka if yang kita gunakan harus 2. Begitu seterusnya. Namun, untuk vlookup sendiri perlu adanya tabel acuan dan yang terpenting sel acuan atua kode acuan harus dan wajib ada di kolom pertama. Betul tidak. Jika tidak maka soal akan sulit kita pecahkan. Klik juga Praktek Rumus IF Dalam VLOOKUP Dengan Mudah.


Bagaimana Menerapkan Rumus Index Match pada Excel - Ini yang terpenting, untuk memperjelas apa yang saya maksud, coba temen-temen perhatikan gambar di atas itu. Pada tabel acuan 1, untuk kode tetap berada di kolom pertama, artinya itu normal terjadi dan kita bisa mengerjakan menggunakan vlookup, namun coba perhatikan kembali pada tabel acuan 2, disana kode ada di kolom kedua dan kita pasti akan kesulitan jika mengerjakan soal tersebut menggunakan rumus vlookup. Nah, disinilah letak fungsi / rumus / formula index dan match dapat kita impelementasikan atau kita gunakan. Coba perhatikan rumus di bawah ini.

  • =INDEX($F$12:$H$14,MATCH(F3,$G$12:$G$14,0),1)
  • =INDEX(tb_acuan,MATCH(F3,kode,0),1)

Keterangan Rumus Index dan Match - Kalau sel acuannya tetap pada kode, namun ketika kita implementasikan pada soal diatas. Jadinya seperti diatas itu kawan. Index hanya mencari letak dimana kecocokan dan match mencari serta menampilkan data yang ada di tabel acuan pada tabel soal. Temen-temen pasti tahu juga kan fungsi atau fitur penamaan pada tabel. Berikut keterangan dari rumus diatas berdasarkan kata-kata saya. Index tabel_acuan, cocokkan sel acuan di sel F3, cocokkan dengan kode di tabel acuan dan cocokkan secara sama persis data yang ada di kolom pertama letakkan di tabel soal. Kurang lebih begitu kawan. Semoga bermanfaat ya. Soal dan file bisa di download pada link di bawah ini. Klik juga Microsoft Excel vs Libre Office Calc di Linux.

Link Download :
Download
Anti Mainstream Mengganti Rumus Vlookup Dengan Index Match Pada Excel


EmoticonEmoticon