Thursday, 27 October 2016

Apa Itu Rumus AND OR dan Gabungan IF

Tutorial Belajar Apa Itu Rumus AND OR dan Gabungan IF - Buat sebagian orang, belajar excel memang terasa sulit kawan. Tetapi jika ada kemauan yang besar untuk bisa minimal dapat nilai C cukup standard ketika kita di sekolah maupun kuliah. Saya rasa kita pasti bisa, butuh kesabaran dan semangat yang tinggi untuk bisa. Disini saya ingin menjadi pendamping buat temen-temen semua di indonesia untuk belajar excel bersama-sama. Rumus atau formula yang ingin saya bahas kali ini adalah tentang perbandingan rumus  AND, OR dan Gabungannya dengan IF. Seperti apa ya jadinya. Mari kita simak. Klik juga Download Contoh Soal Excel Sulit Terbaru dan Terlengkap.

Bagaimana Logika AND OR dan IF Bekerja - Pahami dulu logikanya kawan, untuk implementasi rumus sangat mudah koq. Misal, saya selalu menjelaskan bahwa penggunaan rumus AND itu sama seperti DAN. Misalkan, panggilkan budi DAN wati ke rumah. Maka secara logika, budi dan wati harus pergi ke rumah jika tidak maka nilainya adalah FALSE. Berbeda dengan OR, jika kita menggunakan perintah ini maka nilainya adalah TRUE jika salah satu budi atau wati yang pergi ke rumah. Itu ada tabel perbandingannya lho. Coba perhatikan pada gambar di bawah ini ya. Kunjungi juga Memahami Perbedaan Setting Control Panel Region English US dan Indonesia.


Output atau Tampilan dari Hasil Rumus And Or - Tanpa bantuan dari gabungan rumus IF, maka output atau value yang dihasilkan dari formula and or ini adalah TRUE dan FALSE saja. Perhatikan Gambar di atas. Dari sedikit simulasi dan implementasi di atas. Seharusnya temen-temen sudah bisa memahami seperti apa cara kerja dari rumus and or ini. And = Dan sedangkan Or = Atau. Jika temen-temen ingin menghasilkan suatu output atau keterangan seperti Lulus, Remidi dan Gagal, maka rumus yang akan digunakan adalah IF AND atau IF OR. Seperti apakah rumus asli dari AND OR ini. Perhatikan Gambar dan implementasi rumus di bawah ini ya. Klik juga Contoh Kiriman Soal Excel dari Tirto SU.


Keterangan :
  • F4 =and(d4>=66,e4="A")
  • F4 =if(and(d4>=66,e4="A"),"Lulus","Remidi")
 Rumus IF :
  • =and(logika_1, logika_2, logika_3, logika_n)
  • =or(logika_1, logika_2, logika_3, logika_n)

Rumus And Or dalam Excel dan Gabungan IF - Oke guys, ini terakhir, biasanya kalau hanya belajar rumus kita pasti kesulitan. Jika digabungkan dengan studi kasus maka akan teraasa manfaatnya seperti apa rumus itu bekerja. So, buat temen-temen yang lagi belajar excel. Semangat ya. Jika ada kesulitan tentang rumus if and or not di excel bisa langsung hubungi saya via message facebook atas nama Arie Sujadnorwanto atau bisa sms saya ya. Cek Contact Us. Semoga bermanfaat ya kawan. Semangat terus belajarnya. Sepertinya pada pembahasan saya di atas kurang saya bahas tentang rumus NOT. :). Selamat malam. Kunjungi juga Cara Membedakan Rumus Hlookup dan Vlookup.


EmoticonEmoticon