Wednesday, 12 October 2016

Menggabungkan Rumus Vlookup dan Find

Tutorial Cara Menggabungkan Rumus Vlookup dan Find - Pada umumnya, vlookup sering kita gunakan untuk memindah data dengan cara menggunakan table acuan. Sejauh yang saya pelajari, table acuan dan sel acuan sellau memiliki data yang sama dan jumlah karakter yang sama. Mungkin kita perlu belajar tentang rumus LEN sedikit. Nah, ketika saya mempersiapkan untuk membuat artikel tentang bank soal excel, muncul sedikit permasalahan dan ilmu baru tentang penggunaan vlookup dan find tersebut. Mari kita bahas. Klik juga Fungsi Rumus Find di Excel.

Contoh Rumus Vlookup dan Find - Setelah melihat gambar soal di bawah ini beserta sel acuannya, mungkin baru temen-temen akan mengerti apa yang saya maksudkan. Umumnya kan rumus vlookup yang kita gunakan hanya digabungkan dengan left saja. Namun penggunaan vlookup left disini masih sangat kurang jika kita implementasikan pada soal karena sel acuannya memiliki panjang karakter atau len yang berbeda setiap datanya. Cek screenshot gambar di bawah ini saja deh. Pelajari juga Download Contoh Invoice Faktur Nota di Excel.


Rumus Vlookup, Left dan Find - Perhatikan pada tabel soal kolom nomor plat, disana memiliki data yang berbeda-beda setiap panjangnya dan perhatikan kecocokan dari tabel daerah untuk mengerjakan kolom daerah. Jika kita perhatikan, sel acuannya tidak cukup hanya menggunakan vlookup left saja, karena kode yang kita miliki memiliki panjang yang berbeda, ada yang 1, 2, 3 dan 4 karakter. Jadi kita akan memisahnya dengan rumus find -1 dan yang kita incer adalalah SPASI nya. Cek dulu disini Modul Materi Microsoft Excel 2016.


Mengerjakan Bank Soal Excel dengan Rumus Vlookup Left Find - Nah, disini temen-temen bisa perhatikan untuk nomor plat yang akan kita jadikan acuan untuk kita cocokkan dengan kode pada tabel acuan. Disitu kode plat memiliki data yang berbeda yaitu B, TG, SKBM, JK, D dan BNT. Kalau kita kerjakan menggunakan IF sudah kelar ini. Jadi kita bisa menggunakan 5 if, tapi tidak semudah itu kan, kita tetap harus menguasai rumus FIND yang sudah pernah kita bahas sebelumnya. Maka jawabannya adalah :
  • =VLOOKUP(LEFT(B4;FIND(" ";B4)-1);daerah;2;0)

Keterangan dan Penjelasan Jawaban - VLOOKUP merupakan jawaban dari soal yang harus kita kerjakan, rumus standard temen-temen pasti sudah tahu, LEFT merupakan rumus fungsi teks untuk mengambil karakter dari kode plat dari sebelah kiri dan FIND merupakan rumus gresh yang baru kita bahas kemaren, jadi temen-temen bisa ikuti link tutorial atau materinya pada paragraph pertama terlebih dahulu ya. Nah, itu saja yang bisa saya sampaikan tentang pembahasan soal disini. Semoga bermanfaat ya.

2 komentar

mantep banget nih contoh-contoh soalnya.
terima kasih bro


EmoticonEmoticon