Friday, 25 November 2016

Perbedaan Save dan Save As pada Excel

Belajar Perbedaan Save dan Save As pada Excel - Hari ini sebenarnya domain belajarexcel.web.id sudah aktif, tapi entah kenapa sudah beberapa hari ini masih saja error. Cobaan saja sih yang ingin lolos google adsense. Hahaha. Pertama kali mengenal istilah Save As atau F12 waktu itu diajari oleh mas rusdi. Hm, berjasa sekali ya dia terhadap perkembangan ilmu komputer yang saya miliki. Kebetulan adik ipar nya si malik juga kuliah di pikmi jurusan D2-KAB. Kita lihat saja perkembangannya nanti ya.

Pengertian Save dan Save As - Setiap kali saya membuat soal ujian untuk anak SMA, SMK, MAN atau sederajat lainnya, pada soal essai atau uraian selalu saya selipkan sebuah soal apa perbedaan dan persamaan save dan save as. Rata-rata mereka salah menjawab, padahal hal ini sangatlah mudah, tetapi kalau yang memang gak suka komputer mungkin agak sulit ya, tapi aneh sih jaman sekarang gak suka komputer. :). Save itu menyimpan, save as menyimpan sebagai. Wah, ayo kita bedah.


Perbedaan dan Persamaan Save dan Save As - Mungkin pengertian dari kedua istilah ini sebenarnya mudah, tetapi sulit untuk diucapkan. Pada prinsipnya, fungsi utama dari kedua istilah ini adalah untuk menyimpan. Tetapi mereka memiliki fungsi yang berbeda setelahnya. Coba perhatikan keterangan di bawah ini ya.

Persamaan : Save dan Save As sama-sama berfungsi untuk menyimpan. Saat pertama kali dijalankan. Save dan Save sama-sama untuk menyimpan atau memunculkan kotak dialog 'Save As'. Disini kita akan memberi nama sebuah file.

Perbedaan : Save dan Save As untuk yang kedua akan berbeda. Save adalah menyimpan di tempat dan nama yang sama sedangkan Save As menyimpan di tempat atau nama yang berbeda.

Shortcut atau Kombinasi Tombol Save dan Save As : 
  • Save - [ Ctrl + S ]
  • Save As - [ F12 ]


EmoticonEmoticon