Thursday, 23 June 2016

Fungsi Rumus Value Pada Excel

Tutorial Fungsi Rumus Value Pada Excel - Ada 5 anak pikmi yang gak bisa magang atau ojt gara-gara nilai mereka masih belum lulus. Hari ini kamis jam 11.38 mereka lagi ngerjain latihan soal excel yang menurut saya gampang hanya rumus-rumus sederhana seperti if, vlookup dan gabungannya left, right dan mid. Ya tapi mungkin ketika pelajaran kuliah mereka tidak fokus atau tidak mengerti dan tidak mau belajar. Akhirnya rumus sederhana seperti ini mereka tidak bisa. Kurang usahanya saja sih. Coba deh belajar excel dari awal seperti ini Jenis-jenis Tipe Data dalam Excel.

Fungsi Rumus Value Pada Excel - Sebelum belajar rumus value seperti ini, temen-temen harus paham terlebih dahulu tentang tipe data pada excel. Temen-temen bisa membedakan apa itu tipe data numerik / angka, tipe data huruf dan tipe data karakter serta alignment atau perataannya. Jika sudah paham langkah awal tentang tipe data ini, baru ketika kita belajar tentang fungsi value atau rumus value dan gabungannya akan terasa mudah. Cek disini Mengenal Fungsi Teks Left Right Mid.


Cara Mengunakan Rumus Value - Fungsi Value atau Rumus Value sendiri jarang berdiri sendiri, dia selalu digabungkan dengan rumus-rumus lainnya seperti fungsi teks atau fungsi string, fungsi if dan terakhir dengan fungsi lookup seperti hlookup dan vlookup. Jadi, value ini hanya penunjang saja untuk memudahkan kita dalam mengerjakan rumus-rumus lainnya, so, temen-temen harus paham benar dengan rumus dasar seperti if dan vlookup ya. Coba cek disini Belajar Fungsi IF dan Logikanya.


Membedakan Tipe Data Huruf, Karakter dan Numerik / Angka - Nah, kita coba review sejenak, dalam penggunaan rumus if misalnya, kita selalu tekankan untuk menggunakan tanda petik " ... " pada tipe data yang berupa karakter atau huruf dan saya selalu menekankan penggunaan value pada numerik atau angka bahwa data ini tidak memerlukan tanpa petik " ... ". Jadi saya ulangi, untuk tipe data angka / numerik tidak perlu menggunakan tanda petik.


Kelebihan Rumus Value dan Kelemahan Fungsi Value - Untuk rumus if, penggabungan fungsi value masih bisa kita hindari dengan memberikan tanda petik pada data berupa angka, cek gambar di atas, tapi menurut logika excel, hal itu tidak dibenarkan, kita nya saja yang ingin simple saja. Rumus if dan value yang benar seperti gambar di atas baris kedua untuk value if itulah logika yang benar. So, buat temen-temen yang masih bingung tentang belajar value, cek gambar di atas ya.


Rumus Gabungan Vlookup dan Value - Sejauh ini masih tidak ada sih yang bertanya pada saya seperti apa penggabungan rumus value dan vlookup, apa mungkin mereka sudah paham semua ya, jadi tidak ada yang perlu dipertanyakan, tapi buat temen-temen yang masih bingung neh tentang penggunaan rumus value dan vlookup, cek gambar di atas ini ya. Jika penggunaan value pada if masih bisa ditoleransi, maka pada vlookup, rumus value wajib harus ada guys. Jika tidak, maka rumus akan error.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon