Monday, 27 June 2016

Contoh Soal Excel Untuk Admin Networkdays

Tutorial Mengerjakan Contoh Soal Excel Untuk Admin Networkdays - Buat saya pribadi ini ilmu baru sih, networkdays, saya gak pernah pakek, kalau untuk karyawan swasta seperti saya mungkin rumus ini gak cocok, atau mungkin bisa jadi untuk para pekerja di indonesia yang karyawan swasta bisa jadi rumus ini gak cocok, kenapa? karena rumus ini tidak menghitung hari sabtu dan minggu, artinya sabtu dan minggu di anggap libur. Jika normal dalam 30 hari kita kerja 26 hari kerja untuk 4 hari libur di hari minggu, maka disini akan dianggap 22 hari kerja karena sabtu dianggap libur, kurang lebih begitu, tapi ayo kita bahas ya. Untuk menambah wawasan ilmu kita tentang excel. Kunjungi juga Cara Membuat File PDF di Excel 2016.

Contoh Soal Excel Untuk Tes Kerja - Di blog ini untuk temen-temen yang ingin belajar contoh soal untuk test kerja dan jawabannya sudah saya share juga, namanya 'rahasia excel', silahkan di search ya. Untuk kali ini jika temen-temen belajar tentang pengembangan rumus excel jika ingin menjadi staff administrasi maka rumus networkdays ini temen-temen harus pahami terlebih dahulu. Asyik koq, buat saya yang baru tahu saja rumus ini perlu kita coba lho. Kunjungi juga Contoh Soal Excel Paling Mudah.


Langkah-langkah Mengerjakan Soal Latihan Excel Mencari Hari Kerja :

Langkah Pertama : Kita ambil satu contoh kasus untuk bulan maret 2016 ya. Ada 5 karyawan seperti diatas dan masuk semua untuk bulan maret, ada 2 hari libur yaitu tanggal merah dan kita sudah buatkan listnya, berikan nama table atau range. Sudah tahu kan, misalnya saya beri nama 'libur'. Untuk format table absensi, temen-temen bisa buat sendiri, contohnya seperti diatas ya, simple saja, untuk hari kerja kosongi saja, kita akan menggunakan rumus 'networkdays'.

Langkah Kedua : Penulisan rumus networkdays yang benar adalah :

=networkdays(start_date, end_date, [holidays])

Note : Untuk penggunaan pemisah rumus koma dan titik koma hanya tergantung dari settingan komputer ya, di control panel yaitu bahasa indonesia dan english saja. 

Langkah Ketiga : Rumus yang saya gunakan untuk menghitung hari kerja adalah :

=networkdays(d5;e5;libur)

Keterangan : Jika kita tidak menggunakan fungsi libur, atau hari libur, maka hari yang akan muncul adalah 23, namun karena kita memiliki 2 hari libur dan sudah kita buat seperti gambar diatas, maka hari kerja akan dihitung sebagai 21 hari karena sabtu dan minggu dianggap libur. Itulah sedikit perbedaan jam kerja atau hari kerja di indonesia dan luar negeri ya. Mungkin untuk pegawai negeri sipil atau PNS rumus ini bisa diterapkan.


EmoticonEmoticon