Thursday, 9 March 2017

Mengenal Fungsi Absolute Pada Excel

Mengenal Fungsi Absolute Pada Excel - Sudah pernah melihat ada tanda $ dollar pada setiap penulisan rumus di excel. Sudah tahu apa maksud tanda $ dollar di excel? Nah, seperti kita ketahui, dalam penulisan rumus yang kita kerjakan di microsoft excel, biasanya kita cukup menuliskan satu rumus pada header atau baris pertama dan berikutnya tinggal kita copy atau tarik ke bawah untuk menyamakan rumus di bawahnya. Proses ini lazim kita kerjakan karena sifat sel itu sendiri adalah relatif, dia akan berubah sesuai dengan keinginan kita. Disatu sisi fungsi atau sifat sel ini menguntungkan, tetapi disisi lain terkadang juga menyebalkan. Pelajari dulu 7 Shortcut Yang Sering Digunakan Pada Excel.

Fungsi Absolute pada Excel - Ada 2 absolute sih yang akan kita pelajari. Pertama tentang absolute mutlak dan kedua adalah semi absolute. Manakah yang menguntungkan dan manakah yang merugikan. Ya sekarang tinggal sesuaikan dengan kebutuhan saja ya. Yang sering digunakan contohnya pada penggunaan rumus lookup seperti vlookup dan hlookup adalah absolute mutlak dimana semua cell dan baris akan dikunci untuk kepentingan pembacaan table pada rumus. Untuk semi absolute atau absolute sebagian misalnya penguncian baris dan penguncian kolom jarangan sekali kita temui tetapi tetap ada lho. Pelajari juga Contoh Soal Excel Pilihan Ganda dan Essay.

Video Tutorial : Contoh Penggunaan Fungsi Absolute

Ada Berapa Cara Untuk Membuat Rumus Absolute - Saya sendiri sudah menulis 3 cara sih dalam penggunaan absolute. Mungkin lebih tepatnya 4 karena untuk yang ke-4 kalinya kita akan menormalkan keadaan absolute itu sendiri. Untuk langkah-langkah nya seperti ini :
  • F4 satu kali --> Absolute Murni, Baris dan Kolom
  • F4 dua kali --> Baris
  • F4 tiga kali --> Kolom
  • F4 empat kali --> Normal

Fungsi Absolute dan Vlookup - Untuk kedua fungsi ini memang erat kaitannya, tetapi ada kekurangan dan kelebihannya sih, namun tetap saja penting dan temen-temen harus tahu ya. Pada penggunaan rumus vlookup dan hlookup memang kita membutuhkan fungsi absolute ini, namun pada dasarnya bukan hanya pada penggunaan lookup ini saja ya. Untuk perkalian yang membutuhkan hanya pada 1 sel acuan saja, jelas kita sangat membutuhkan fungsi absolute ini untuk bekerja kawan. Perhatikan video tutorial diatas untuk lebih lengkapnya ya. Pelajari juga Modul Materi Microsoft Excel 2016.


EmoticonEmoticon