Friday, 28 April 2017

Memahami Fungsi Rumus Countif dan Sumif

Memahami Fungsi Rumus Countif dan Sumif - Selamat pagi guys, masih semangat belajar excel kan? Ini adalah posting saya ke 19 tentang belajar excel lho. Ada banyak materi yang sudah saya bahas disini, mulai yang dasar sampai yang expert. Kita cicil dulu lah ya sampai dengan 30 artikel. Dan hari ini kita akan membahas tentang rumus countif dan sumif. Temen-temen harus tahu lho perbedaan rumus count dan countif berikutnya rumus sum dan sumif. Jika sudah paham maka akan mudah belajar excel itu guys. Pelajari juga Mengenal Fungsi Absolute Pada Excel.

Cara Menuliskan Rumus Countif dan Sumif - Kita pelajari dulu perbedaannya ya. Jika Count digunakan untuk menghitung banyaknya data maka Countif akan digunakan untuk menghitung banyaknya data dengan kriteria tertentu. Jika Sum digunakan untuk menjumlahnya total data numerik maka Sumif akan digunakan untuk menjumlahkan total data numerik dengan kriteria tertentu. Kurang lebih begitu guys ilustrasi yang bisa kita jelaskan. Pelajari dulu dasarnya disini Fungsi Statistik dalam Microsoft Excel.

Video Tutorial : Penjelasan Rumus Sumif vs Countif pada Microsoft Excel

Penulisan Rumus Countif dan Sumif :
  1. =countif(range, kriteria)
  2. =sumif(range, kriteria, range yang dijumlahkan)

Jelaskan Penggunaan Fungsi dari Sumif dan Countif - Pada paragaraph kedua sudah saya jelaskan apa itu countif dan apa itu sumif. Temen-temen bisa cek kembali paragraph kedua ya. Untuk penulisan rumus sudah saya tulis di atas. Sebenarnya itu tulisan bahasa inggris lho awalnya yang berasal dari ini =countif(range, criteria) dan =sumif(range, criteria, sum_range). Sama saja kan jika diartikan. Saya sendiri sering lho melihat contoh latihan soal excel sumif dan countif disini. Jika temen-temen tidak begitu paham dengan rumus ini maka jelasnya tidak akan bisa mengerjakannya guys. Pelajari juga 7 Shortcut Yang Sering Digunakan Pada Excel.


EmoticonEmoticon