Sunday, 23 April 2017

Belajar Fungsi IF dan Logikanya

Tutorial Belajar Fungsi IF dan Logikanya - Dalam belajar excel, if merupakan momok yang menakutkan untuk materi excel yang akan kita pelajari. Namun, if ini akan sangat menyenangkan buat kita karena kita paham akan logika dan cara kerjanya. Apalagi memang buat temen-temen yang suka dengan excel ya. IF sendiri memiliki arti jika. Artinya dia akan mengeluarkan 2 input berupa nilai jika benar dan nilai jika salah. Jadi selebihnya adalah sebuah kondisi yang digabungkan dengan sebuah operator. Cek disini kawan Operator Matematika Dalam Microsoft Excel.

Memahami dan Belajar Rumus IF - Rumus IF sendiri menurut saya ada 3 macam, yaitu :
  1. IF Single atau Satu IF
  2. Nested IF atau IF bercabang lebih dari satu atau IF Bertingkat
  3. IF gabungan misalnya digabung dengan rumus left right mid dan vlookup
Disini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana if bekerja dan seperti apa rumus yang bisa kita gunakan agar kita dapat dengan mudah memahami rumus if yang sebenarnya. 

Video Tutorial : Belajar Rumus IF dan IF Gabungan

Contoh Rumus IF :
  • =if(sel acuan, nilai jika benar, nilai jika salah)
  • =if(logical_test, value_if_true, value_if_false)
  • ---
  • =if(sel acuan, nilai jika benar, if(sel acuan, nilai jika benar, nilai jika salah)

Rumus IF Bertingkat - Untuk nested if atau if bercabang atau lebih dikenal dengan if bertingkat, microsoft excel sendiri mengijinkan kita untuk bisa menggunakan sebanyak 64 if lho. Wah, panjang sekali ya rumus if itu nantinya, padahal kita juga bisa menggantinya dengan rumus loookup seperti vlookup kan. Berapapun logika yang dimiliki, jika kita menggunakan rumus vlookup maka vlookup nya cukup 1 kawan. Penasaran toh seperti apa penjelasan lengkap tentang vlookup? Cek disini ya Contoh Soal Vlookup Lengkap.


EmoticonEmoticon